Capaian Pembelajaran Mata Kuliah ini bertujuan untuk membuat Mahasiswa mampu membuat kerangka berpikir untuk melakukan simulasi terhadap kasus-kasus umum/khusus di dunia telekomunikasi

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang menekankan pada mempelajari tentang regulasi dan kebijakan yang berkaitan dengan aplikasi dan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) serta strategi untuk menyesuaikan ke arah perkembangan konvergensi digital di masa yang akan datang.


Mata kuliah Metodologi Penelitian memberikan pemahaman komprehensif tentang proses penelitian secara akademik bagi mahasiswa. Mata kuliah metodologi penelitian mempelajari beberapa konsep dan prosedur perancangan, pelaksanaan, penganalisisan dan pelaporan penelitian. Metode pembelajaran tatap muka/face to face, presentasi tugas terstruktur, presentasi review jurnal. Pembahasan meliputi literature review, rancangan model penelitian, pengumpulan dan penganalisisan data dan pelaporan. Metodologi penelitian disarankan bagi mahasiswa yang akan mengambil mata kuliah Tugas Akhir pada semester 5 atau pada semester 6.

Mata kuliah sistem komunikasi satelit untuk kelas A dan Kelas B

Mata Kuliah Jaringan Komputer mempelajari tentang konsep dan aplikasi dari sebuah jaringan komputer, perangkat yang digunakan untuk menghubungkan antar komputer dengan menggunakan berbagai media yang berbeda, serta cara pengalamatan perangkat sehingga antar perangkat dapat berkomunikasi satu sama lain baik dengan menggunakan IP versi 4 (IPv4).

Mata Kuliah saluran transmisi